15 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Rokok


 Keprihatinan akan naiknya angka perokok di dunia memang sudah bukan main-main, pasalnya jumlah perokok di seluruh dunia terus meningkat setiap tahunnya, meskipun resiko yang ditanggungnya pun tak main-main, kematian!!.


 
Setiap satu batang rokok mengandung 4.000 senyawa kimia di mana 40 di antaranya termasuk racun (toksik) maupun zat karsinogenik (pemicu kanker). Melalui artikel sederhana ini, saya akan sharing perihal 15 penyakit yang disebabkan oleh rokok.

Berikut ini daftar 15 penyakit yang disebabkan oleh rokok :


1. Kanker paru
Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini lantaran asap rokok akan masuk secara inhalasi (dihirup) ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akhir kanker paru.


2. Kanker kandung kemih
Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen (zat pemicu kanker) yang mengarah pada kanker kandung kemih.


3. Kanker payudara
Perempuan yang merokok, lebih berisiko menyebarkan kanker payudara. Hasil studi mengatakan wanita yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.


4. Kanker serviks
Sekitar 30 persen maut akhir kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini lantaran wanita yang merokok lebih rentan terkena nanah oleh virus menular seksual.


5. Kanker kerongkongan
Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus (saluran yang menghubungkan antara tenggorokan/kerongkongan (faring) dengan lambung (gaster)). sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.


6. Kanker pencernaan

Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, namun terdapat beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).


7. Kanker ginjal
Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan materi kimia berbahaya lainnya menyerupai karbonmonoksida dan tar mengakibatkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari badan melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mensugesti fungsi ginjal dan memicu kanker.


8. Kanker mulut
Tembakau ialah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker ekspresi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.


9. Kanker tenggorokan
Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.


10. Serangan jantung
Nikotin dalam asap rokok mengakibatkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang menciptakan jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka sanggup mengakibatkan serangan jantung.


11. Penyakit jantung koroner (PJK)
Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk kalau mempunyai penyakit lain menyerupai diabetes melitus.


12. Aterosklerosis
Nikotin dalam asap rokok sanggup mempercepat penyumbatan arteri yang sanggup disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang mengakibatkan arterosklerosis.


13. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
Kondisi ini mengakibatkan pedoman darah terhalangi sehingga menciptakan seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini sanggup mengakibatkan terjadinya emfisema (sesak napas akhir kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).


14. Impotensi
Bagi pria berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok sanggup meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini lantaran merokok sanggup merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi pedoman darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka sanggup menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak tempat lain di tubuh.


15. Gangguan medis lainnya
Beberapa gangguan medis juga sanggup disebabkan oleh rokok menyerupai tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang kanal napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, mengakibatkan noda di gigi dan gusi, menyebarkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

Belum ada Komentar untuk "15 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Rokok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel