Mengapa Rel Kereta Api Banyak Kerikil Kerikil

Mengapa Rel Kereta Api Banyak Kerikil Kerikil

Hampir di sepanjang rel kereta api biasanya terdapat kerikil kerikil yang terletak di bawah dan pada samping kanan dan kiri rel kereta api. Mengapa sengaja ditaruh dan apa fungsinya?


1. Fungsi kerikil kerikil pada rel kereta api ialah sebagai alas pemberat. Dengan adanya lapisan kerikil kerikil ini rel sanggup tetap bangun dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun sanggup berjalan dengan baik.

2. Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas sanggup dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan sanggup dipakai untuk waktu yang lama.

3. Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar fatwa air di ketika hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau abrasi pada tanah di sekitar rel kereta api.

4. Dan yang terakhir, kerikil kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat secara eksklusif maupun tidak eksklusif menimbulkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya sanggup membahayakan alasannya kalau tanah di bawah rel tidak stabil maka akan sanggup membahayakan perjalanan kereta api.

Memang, ada posisi-posisi tertentu tidak perlu kerikil kerikil, ibarat rel kereta api yang terdapat di atas jembatan atau jalan raya. Hal ini terjadi alasannya semua fungsi dari kerikil kerikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh prosedur lain. Jembatan sudah dirancang khusus sedemikian rupa biar sanggup menahan getaran yang akan terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas.

Demikian pun dengan rel kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan peranan kerikil kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut, tidak dibutuhkan lagi kerikil kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta api.


Belum ada Komentar untuk "Mengapa Rel Kereta Api Banyak Kerikil Kerikil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel